Pages

Jumat, 29 Juni 2012

20 Rahasia Kulit Cantik dan Sehat


Ada puluhan petunjuk yang bisa membantu Anda mendapatkan kulit cantik dan sehat. Anda bisa mengitipnya satu persatu dan mulai menerapkannya untuk memberi penampilan yang baru.

Seperti dikutip dari Time of India,

A sampai Z menuju kulit cantik akan dibeberkan satu persatu.

1. Usahakan riasan tipis

Meski akan lebih menawan dengan sapuan warna-warna di wajah Anda, namun usahakan gunakan riasan tidak terlalu tebal untuk aktivitas Anda sehari-hari. Seperti gunakan hanya pelembab dan bedak tipis. Yang terpenting gunakanlah sesuai jenis kulit Anda.

2. Berbagai jenis buah berry

Seperti Stroberi, cranberry, raspberry serta delima adalah makanan kulit sangat baik. Buah ini mengandung antioksidan yang dikenal sebagai asam ellagic yang melindungi kulit Anda dari efek berbahaya dari sinar UV matahari dan mencegah keriputan dini.

3. Pembersih

Rutinlah membersihkan kulit Anda dari kotoran, minyak dan kotoran lain. Namun membersihkan dengan pembersih berbahan kimia juga harus tetap dibatasi agar kelembaban kulit Anda tetap terjaga.

4. Detoks

Bahkan ketika Anda sudah memiliki kulit yang indah dan sehat, detoks tetap diperlukan setidaknya setiap tiga bulan sekali.

Jauhi juga makanan dari tepung terigu, gandum olahan, produk dari susu, telur, daging, ikan, makanan olahan, makanan dengan pengawet, minuman bersoda, alkohol dan gula. Lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan, sayuran mentah, jus dan air yang banyak.

5. Latihan kebugaran

Dengan joging pagi atau latihan olahraga, kulit Anda akan memproduksi minyak alami yang berfungsi sebagai pelembab. Keringat yang dikeluarkan juga akan membawa serta racun keluar dari tubuh Anda.

6. Biji rami

Satu sendok biji rami yang dibakar lalu diseduh dengan air panas seperti teh dan rutin diminum setiap hari akan menjaga kemulusan kulit. Biji rami kaya akan serat dan minyak omega-3 sehingga bisa mencegah kulit kusam. Selain diseduh, biji rami juga bisa dikonsumsi sebagai campuran salad dan makanan lainnya.

7. Teh hijau

Termasuk minuman yang kaya akan antioksi sehingga mencegah kerusakan pada kulit. Teh hijau juga membantu meningkatkan elastisitas kulit. Minumlah sekitar dua cangkir sehari memperoleh hasil yang maksimal.

8. Bahan perawatan buatan sendiri

Cemas akan zat kimia dalam produk kecantikan, lalu mengapa tak membuat sendiri bahan-bahan untuk merawat kulit Anda? Seperti putih telur dengan Lemon dan ketimun untuk kulit yang padat atau lemon dan yogurt untuk kulit yang lembut.

9. Obat Instan

Anda tidak pernah tahu kapan jerawat akan menyerang wajah Anda. Jadi tak ada salahnya selalu menyimpan krim obat jarawat yang(diresepkan oleh dokter kulit Anda. Juga pembersih dengan scrub untuk menangani noda hitam perlu disediakan.

10. Pemanis alami yang terbuat dari hasil konsentrasi jus tebu

Makan makanan manis tentu dapat menyebabkan kulit Anda kehilangan elastisitasnya dan memicu proses penuaan. Sebagai gantinya, jaggery bisa menjadi alternatif alami. Fungsinya yaitu memurnikan aliran darah dan kandungan zat besinya membantu kesempurnaan kulit Anda

11. Vitamin K

Vitamin K banyak terdapat di kacang kedelai, bayam, lentil, kuning telur dapat membantu Anda menghilangkan bekas luka. Atau Anda juga bisa mencoba serum atau krim yang mengandung Vitamin K atas rekomendasi dokter kulit.

12. Sayuran

Seperti bayam, selada, fenugreek, daun lobak, pak choy dan lainnya, mereka sangat sarat dengan vitamin dan mineral yang penting untuk kulit indah. Kadar serat yang dikandungnya juga bisa mengeluarkan racun dari tubuh Anda. Sehingga kulit lebih cerah.

13. Pelembab

Kelebaban kulit sangat penting. Namun harus dibedakan antara pelembab untuk kulit wajah dengan kulit tubuh. Pilih pelembab air atau krim berbasis tergantung pada jenis kulit Anda.

14. Kacang

Kacang adalah salah satu penghasil lemak terbaik, yaitu seperti kenari, almond, pistachio dan kemiri yang mengandung minyak untuk membuat kulit Anda bercahaya. Mengkonsumsi dalam kondisi mentah atau dipanggang dan tanpa diberi bumbu memberi hasil lebih maksimal.

15. Omega-3

Dapat diperoleh dengan mengkonsumsi ikan salmon, mackerel dan sarden serta biji rami. Nutrisi ini dapat mengurangi kulit kering dan memperbaiki tekstur kulit.

16. Protein

Pastikan mendapatkan cukup protein seperti dari ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, susu, gandum, dan lainnya. Ini akan mencegah kulit Anda terlalu cepat mengendur atau mudah mengelupas.

17. Berhenti merokok dan minum alkohol

Merokok serta menkonsumsi alkohol akan mempercepat penuaan dan membuat kulit Anda kusam, kulit mati pada usia dini. Dianjurkan berhenti merokok sepenuhnya dan membatasi alkohol. Baik juga mengurangi kafein dalam bentuk kopi dan minuman soda.

18. Istirahat dengan baik

Tidur adalah sangat baik untuk kulit. Tidur yang cukup tidak hanya membantu memulihkan kulit namun juga memperlambat penuaan.Dengan istirahat malam yang baik antara 7-8 jam dan pada waktu yang tepat yaitu antara 10 malam dan 4 pagi, akan membuat kulit segar dan muda kembali.

19. Tabir surya

Gunakan tabir surya (yang ideal adalah SPF) sekitar 10 sampai 15 menit sebelum Anda beraktivitas di luar rumah. Bila benar-benar Anda harus ke tempat yang terik tambahkan topi, kacamata hitam dan syal untuk melindungi kulit Anda.

20. Lakuan pengobatan secepatnya jika ada masalah

Jangan menunggu jerawat meninggalkan bekas luka dan lubang di kulit atau noda hitam. Segera lakukan perawatan jika tanda-tanda jerawat muncul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar