Pages

Senin, 09 Juli 2012

Para Ilmuan Klaim Telah Menemukan "Partikel Tuhan"


Para ilmuwan di European Organization for Nuclear Research (CERN) mengklaim telah berhasil menemukan partikel Higgs boson atau Partikel Tuhan yang sukar dipahami. Pengumuman mengenai hal tersebut rencananya akan digelar pekan depan.

Diwartakan Dailymail, Higgs boson dipercaya sebagai kunci

untuk memahami alam semesta. Para ahli fisika berpendapat, partikel yang disebut sebagai Partikel Tuhan ini berfungsi menentukan massa penyusun suatu partikel atom.

Tanpa adanya massa ini, partikel tersebut akan terbang menembus kosmos dalam kecepatan cahaya. Partikel itu tidak akan mampu membentuk atom yang merupakan penyusun segala hal di dunia, mulai dari planet sampai manusia.

Dalam pengumuman yang akan digelar pada Rabu pekan depan, para ilmuwan telah mengundang lima orang ahli fisika paling berpengaruh. Para ilmuwan di Large Hadron Collider mengatakan mereka yakin 99,99 persen telah menemukan ini.

Profesor Emeritus dari Edinburgh University, Peter Higgs merupakan salah satu yang dipanggil untuk hadir di acara tersebut. Selain itu, namanya juga digunakan untuk menyebut partikel ini.

Large Hadron Collider tempat dilakukannya riset tersebut, lokasinya berada jauh di bawah tanah dekat perbatasan Perancis-Swiss. Fungsinya adalah untuk menabrakkan partikel sub atomik dalam kecepatan cahaya, meniru kondisi saat terjadinya Big Bang.

Jika teori yang ditemukan terbukti benar, maka beberapa Higgs boson akan bisa diciptakan setiap satu triliun tabrakan. Sebelum akhirnya partikel tersebut akan menghilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar